Cuci Tak Dijemur

Biasanya khan..kalo abis dicuci..trus dijemur..khan..?? Yang ni kagak…Heheheheeeee…

asyiknya nyuci baju…

Suatu saat djo nge-print poto ukuran 10R pake printer all in one canon mp287…Walopun pake acara cleaning cartridge..namun poto 10R pun bisa ter-print dengan bagusnya…Gampang banget…Heheheeeee…

Asal punya digital imaging semacam kamera tustel..handycam..hape yang ada kameranya..trus tinggal beli kertas poto tuk bisa di-print…Jadi dech poto kita…Selanjutnya bisa dipasang pigora buat dipajang..ato dimasukkan ke dalam album poto…

Sesaat..djo teringat akan proses yang cukup ribet di jaman dulu…Prosesnya tu cuci-cetak…Jadi nyuci tanpa ngejemur..ga kayak proses nyuci baju yang pake acara ngejemur segala…Hueheheeee…

Kalo dipikir-pikir seru juga loh proses bikin poto di jaman tu…Seru kalo nurut djo…Bener-bener menuntut ketelitian n kesabaran agar hasilnya bener-bener bagus…

Ni bener-bener menuntut keseriusan orang yang mengerjakannya…Tiap orang yang memproses..akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda…Tulah seninya…Heheheeee…

Sebelum punya poto cetak..kita kudu punya alatnya dulu..yakni kamera tustel…Harganya jangan ditanya lage…Hanya orang-orang yang gila potograpi ajah yang rela ngabisin duitnya tuk punya kamera tustel…

Abis tu belum selesai urusannya…

Kita kudu beli dulu roll filmnya…Atu roll ada berbagai macam isinya…Ada yang 12..24..36…

Abis tu..dilakukan proses imaging..ato pemotretan…Yang ajaibnya..kita cuman bisa mengira-ngira doang gimana hasilnya…Kalo sekarang khan enak…Begitu nge-jepret..bisa diliat gimana hasilnya melalui lcd yang ada di alat potretnya…Kalo kurang bagus..ya bisa langsung diulang motretnya…

Seorang potograper propesional dulu..walo ga langsung tau hasilnya..tapi intuisinya bisa tau gimana hasil potret yang dilakukan…Kalo dia ngerasa kurang sreg..maka bakal diulang lage motretnya…Gile bener…Heheheeee…

Langkah selanjutnya setalah dilakukan sesi pemotretan..yakni mencuci roll filmnya agar bisa dicetak…

Tuk mencuci roll film ni..dilakukan dengan ritual khusus…Dimana kudu dilakukan di sebuah ruangan gelap yang minim cahaya…

Roll film yang ada di dalam kamera tu bener-bener peka cahaya…Kalo terpapar seluruhnya..filmnya langsung rusak…Mencuci film tujuannya tuk ngebuat film tu jadi tidak peka cahaya lage…Jadi bisa diliat diluar ruangan gelap…

Djo punya pengalaman yang ga enak dengan hal ni dulu…

Pertama kalenya dalam idup djo..n ga akan djo ulangi lage..insyaAllah..djo menggundul rambut djo…

Tuk mengabadikannya..djo sempet minta pee motret djo di tustel kesayangan djo…Berbagai pose n gaya diambil tuk mengabadikan peristiwa langka yang terjadi pada diri djo…Gundul gitu loh…Heheheeee…

Lah karna isi roll filmnya masih banyak..djo pun menunggu ingga filmnya kepake semua…Barulah setelah tu mo djo cuci-cetak di studio poto…

Untung tak dapat diraih malang tak bisa ditolak..kayaknya cocok dengan kondisi djo waktu tu…

Waktu tu pee yang baru lulus SD..sedang berdarmawisata ke bali bersama atu kelas sekolahnya…N tuk dokumentasi pribadinya..pee bawa tustel kesayangan djo…

Tiga ari kemudian..pee pulang sambil bawa berita ga enak…Bener-bener polos dech ceritanya…Ga ngerti kalo ceritanya tu bisa bikin orang marah-marah…Hihihihiiiii…

Waktu tu..kata pee..tustelnya sempet macet ga bisa nge-rolling film yang ada di dalam tustel…Udah dicoba berbagai macam cara versi anak-anak polos temen-temennya pee..tetep ajah macet…

Atas usulan salah atu temen pee yang cukup deket..yakni erwin..akhirnya mereka bertiga bersama anggi..bersepakat tuk ngeliat apa yang menyebabkan macet…

Dengan polosnya..dibukannya tutup dari roll film yang ada di tustel…

Dari pengamatan mereka..macetnya gara-gara roll film ga nyangkut ke pengait dari pemutar roll…Maka dikaitkan kembali roll film ke pengaitnya…Abis tu ditutup n dicoba tuk nge-rolling…N usaha mereka berhasil dengan suksesnya…Tanpa menyadari kalo film yang terpapar cahaya..semuanya rusak terbakar…

Parahnya..tentu ajah yang kebakar adalah bagian dari poto djo dalam kondisi gundul…

Langsung dach djo lemes seketika…Mo marah koq ga tega…Abisnya mereka bertiga..pee..erwin..anggi..bener-bener ga ngerti kesalahan fatal yang udah mereka perbuat…Haduuuch…Tapi djo berharap masih ada sebagian foto gundul djo yang masih selamat…

Segera ajah djo bergegas ke studio poto buat cuci-cetak roll film…

Hasilnya…

Yang sukses bisa diselamatkan cuman poto mereka bertiga saat di berdarmawisata ke bali…Haduuuch…

Pengen rasanya djo sobek-sobek poto mereka bertiga yang lage pose dengan polosnya…Tapi..dalam ati..djo malah ketawa-ketawa kecil gara-gara ngeliat kepolosan mereka…

Djo sempet mikir..apa ga sebaiknya djo poto lage yach…Tapi masalahnya khan djo udah ga gundul lage..karna udah lewat 4 bulan yang lalu djo gundul…Masa djo mo gundul lage…Amit-amit dach…

Akhirnya djo ikhlasin ajah kalo djo keilangan momen saat gundul dahulu…

 

DJO

nb.
Langkah terakhir yakni mencetak poto ga djo ceritain…Googling ajah ndiri yach…Heheheheeeee…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: