Pertalite (1)

Ni bahan bakar yang termuda diantara yang laennya…

penampakan nosel pertalite

Sewaktu pemerintah pertama kale memunculkan pertalite..djo ga terlalu tertarik tuk menggunakannya…Walopun kualitasnya diatas premium..namun harganya juga diatas premium…Verza djo juga udah biasa minum premium…Jadinya djo juga ga ada keinginan tuk menggunakan pertalite…

Djo sich dengan sok taunya ngerasa upaya yang dilakukan pemerintah tu ga ada gunanya…

Ga heranlah..kalo ada barang yang lebih bagus dengan harga lebih mahal pula…Tu sich udah hukum alam dech…Kalo ada barang yang lebih bagus dengan harga lebih murah..baru tu luar biasa…Hueheheheeee…

Suatu saat tangki bensin verza djo dah tampak menipis…Djo taunya dari banyaknya tripmeter yang terdapat di dashboard sederhana honda verza…Angka sudah menunjukkan 500km…Tandanya djo dah kudu siap-siap tuk nyediakan duit guna isi ulang tangki bensin verza

Verza ni emang motor yang irit…Selama djo pake..rata-rata 1 liternya bisa digunakan tuk perjalanan sejauh 50km…Dalam kondisi fit malah pernah menembus 1:52…Artinya 1 liternya bisa digunakan tuk perjalanan sejauh 52km…

Tapi pernah juga verza djo boros…Waktu tu perbandingannya 1:42…N tu menjadi rekor terboros motor verza djo…

Waktu tu sebenernya dari sisi mesin ga ada masalah…Cuman ban depan bermasalah..n tak lama kemudian ban belakang pun bermasalah pula…

Jadi ban depan terdapat benjolan di sisi depan sebelah kiri…Kalo pas jalan..n benjolannya pas bersentuhan dengan jalan..maka djo pun ngerasa di setang bergetar seperti kalo ngelewatin jalan berlubang…

Kondisi ban yang seperti tu djo biarkan berlarut-larut…

Bukannya djo ga mo betulin..tapi djo ngepasin dengan jadwal servis rutin per 4.000km-nya di bengkel resmi honda…Celakanya..sewaktu servis..djo lupa ada permasalahn di ban…Akibatnya..permasalah ban depan ni masih berlanjut…

Djo pun ga ada niatan tuk balik lage saat tu…Djo berpikir..entar ajah kalo servis lage..baru djo keluhkan…

Namun ada masalah yang membuat djo mencari solusinya…Dimana verza djo bisa sedemikian borosnya…

Udah djo coba dengan berbagai macam cara tuk mengatasinya..namun belum berhasil pula…

Sewaktu djo beli gembok cakram di bengkel motor langganan djo dulu sewaktu belum beli verza..djo sempat tanya pada pemilik bengkel yang orang cina…

Dengan sigap dia pun memeriksa keseluruhan verza djo secara singkat…Tak lama dia pun bilang kalo masalahnya ada di ban depan…Ban depan kembung kalo bahasanya dia..karna emang muncul benjolan berisi udara…Terjadi karna kelemahan serabut kawat di dalam ban tubeless sehingga muncul benjol seperti tu…Nah karna ban depannya benjol seperti tu..maka jalannya motor jadi ga mulus lage…Ni membutuhkan power lebih banyak dikit biar ganjalan yang ada di ban ga menghalangi jalannya motor…Akibatnya..bahan bakar yang dibutuhkan juga menjadi lebih banyak dari biasanya…Imbasnya..bahan bakar pun menjadi boros…

Versi singkatnya..djo kudu ganti ban…Hueheheeee…

Kenyataan yang diluar perhitungan djo…

Awalnya djo kira mungkin karna perbandingan bensin dengan udara ga seimbang…Banyakan bensin yang disemprotkan ketimbang udaranya…Gitoo…Ternyataaaa…

Djo pun segera ganti ban…

penampakan verza 150 punya orang…heheheheeee… :p

Verza djo pun kembali irit…Namun belum banyak pengiritannya..masih 1:47…Namun tu udah djo sukurin banget…

Setelah 2-3 kale isi bensin..perbandingannya mulai bergerak naek ingga 1:49 nyaris 1:50…N kejadian ga terduga kembali terjadi…Konsumsi bensinnya kembali boros ke angka 1:46…

Djo pun penasaran lage…Djo cari lage akar masalahnya kale ni…Ternyata kale ni menimpa ban belakang…

Ban belakang juga mengalamin kembung seperti ban depan tempo ari dulu..namun beda lokasi doang…Kalo ban depan ada di depan ban..sedang kale ni ban belakang ada di samping ban…Ga cuman atu..tapi tiga…Wekekekekkkkkk…

Ni ban bawaan asli motor koq rapuh amat yach…Masa belum atu taun udah kudu diganti dua-duanya…Apa emang sengaja yach…!? Kikikikikkkkkkkk…

Djo pun kembali ke bengkel langganan guna mengganti ban belakang…

Setelah penggantian kedua ban..konsumsi bbm berangsur pulih kembali menjadi irit…Bahkan pernah nembus 1:52…Hueheheheheeeee…

Bahkan ingga saat ni..konsumsi bensin berkisar 1:50 hingga 1:52…Tergantung bagaimana karakter djo membawa motor…Kalo rada ugal-ugalan..ngebut gitu maksudnya..tentu ajah agak boros jadinya…Tapi kalo bawanya anteng..kecepatan konstan..bisa irit banget…

Alhamdulillah sich..udah dua taun ni djo ngerasain betapa iritnya motor verza kesayangannya djo…Padahal selama tu djo cuman pake premium doang…Ga pake pertamax seperti anjuran dari produsennya verza…Emang sich..dengan rasio kompresi 1:10..sebaiknya pake pertamax…

Walo djo tau verza udah dilengkapi katalitik konverter..tapi djo nyantai ajah pake premium…Hueheheeee…Paling juga ntar kalo mesinnya dah mo rusak gara-gara premium..paling juga udah pindah tangan…Hueheheheeee…Jadi biar pemilik berikutnya ajah yang betulin mesinnya…Heheheheheeee…

Djo jahat yach…Hihihihihiiiii…

Karna djo udah puas dengan performa verza menggunakan premium..jadinya djo ga tertarik ama sekale menggunakan pertalite yang oktannya diatas premium…

Tapi bukan berarti djo ga pernah pake pertalite loh…Pernah sich sekale…Abis tu djo kapok ga mo pake lage…

Gini kisahnya…

 

Bersambung…

 

DJO

nb.
Awalnya kisah ni rencananya cuman atu kale posting doang…Tapi berhubung kepanjangan..akhirnya dipisah jadi dua…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: