Koran

tumpukan koran…

Nurut buku pelajaran..koran adalah jendela dunia…Bener ga..yach…!?

Djo ga tau pasti mana yang bener dalam tata bahasa indonesia..apakah koran..atokah surat kabar…?

Kalo dalam pelajaran bahasa indonesia..yang dipake adalah surat kabar…Tapi itu dulu loh..waktu djo masih SD…Kalo sekarang..yach djo ga tau lage…Soalnya udah bertaun-taun yang lalu djo ga ngikutin perkembangan bahasa indonesia di sekolah…Heheheheeee…

Emang sich..di jaman djo masih kecil dulu..sumber informasi tuk masyarakat sangat terbatas…Ato mungkin sengaja dibatasi oleh pemerintah dulu…

Selain informasi didapat dari tv yang stasiunnya cuman tvri doang..bisa juga didapat dari rri ato stasiun swasta laennya…Disamping tu..koran..majalah..surat-menyurat antar sahabat pena..ceile bahasanya..bisa menjadi sarana komunikasi tuk mendapatkan informasi…

Bahkan karna keterbatasannya tu..info yang udah basi baru bisa kita terima hari ni…Misal ajah ada bencana alam di suatu negara..maka paling cepet kita baru dengar pas malamnya…Malah yang paling sering tu baru tau pas besok malamnya…Tu pun kalo kita pas nonton acara dunia dalam berita…Sebuah acara jaman dulu yang sangat legendaris banget…Kikikikikkkkk…

Informasi dari koran ni termasuk cepet juga…Apalage kalo koran tu terbitnya pas siang ato sore ari…Beritanya cukup aktual tuk hari tu…Soalnya koran yang ada umumnya terbitnya di pagi ari…

Biasanya orang yang cukup berduit..ato orang yang pengen dianggap modern..pengennya lebih tau dulu ketimbang orang yang ada di lingkungannya…Biasanya orang tersebut bakal beli dua jenis koran tu..baek yang terbit pagi ari mopun yang terbit sore arinya…Jadi dia ga bakalan ketinggalan kereta..istilahnya…

asyiknya baca koran rame-rame kayak gini…

Djo kecil..yang merupakan bagian kecil dari peradaban saat tu..tentu ajah ga mo ketinggalan pula…Djo suka banget baca koran…Cuman karna ortu djo saat tu belum langganan koran..djo suka pergi ke tempat agen koran…

Karna biasanya..di sana disediakan beberapa jenis koran yang dapat dibaca oleh masyarakat…Biasanya koran tu digantung ato ditempelin di dinding..semacam mading..seingga kita membacanya sambil berdiri…

Asyik loh..baca koran sambil berdiri tu…Apalage sambil berdesakan ama orang-orang…Bener-bener menambah keasyikan baca koran…Heheheheheeee…

Kejadian kayak gini sama persis sewaktu nonton tv di kelurahan…Nontonnya sambil berdiri..berdesakan dengan banyak orang..tapi suaranya cempreng ga jelas n layar tv-nya cuman 14 inch…Kikikikikkkk…Bener-bener seru abis dech…Heheheheheeee…

Beda yach ama sekarang…

Jangankan cuman koran ato tv..masing-masing orang sekarang dah pada punya hape ndiri-ndiri…Dimana di hape tu bisa dipake tuk browsing segala macam informasi…Apalage kalo jaringan sosmed-nya semacam fb..wa..line..n sebangsanya tu diaktipin…Seolah-olah..dunia ada di genggaman tangan kita…

Ada yang menarik perhatian djo..sewaktu djo keliling kota kemaren tuk mengisi waktu libur…Djo ngedapetin lage suasana jaman sewaktu djo kecil dulu…Yakni orang-orang pada berdiri sambil membaca koran yang digantungkan oleh agen koran…Atu-atunya tempat yang masih tersisa dari kemajemukan kota djo saat ni…

Seketika tu pula..ingatan jaman dulu djo tu langsung muncul…

Ah..senengnya…
DJO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: