Ujan-Ujanan

Masa kita kecil adalah masa-masa yang penuh bahagia…Juga penuh kenangan..bukan..?

maen ujan-ujanan

Yang ga djo abis ngerti waktu kecil dulu tu kegemaran temen-temen tuk maen ujan-ujanan kala turun ujan deras…Karna djo ga ngerti dimana asiknya maen ujan-ujanan tu…

Selaen tu..ibu djo juga ngelarang maen ujan-ujanan…Ntar bikin sakit..nasehat ibu djo…Sebagai anak yang baek..tentu ajah djo nurut…Kalo ga nurut..ntar jadi anak durhaka..dong…

Sepulang sekolah..seabis ganti baju n makan siang..djo biasanya berkumpul bermaen bersama dengan temen-temen yang laen…Biasanya kalo di awal-awal..ga ada pilih-pilih temen…Biar djo anggota 5 jagoan cilik..tapi di awal-awal waktu jam bermaen..ga semuanya bisa kumpul bersama…Tulah kesempatan kita tuk bersosialisasi ama temen yang laen yang bukan atu geng…

Yang djo heran..kalo cuacanya tiba-tiba mendung..semua yang hadir tampak gembira…Langsung ajah mengumandangkan rapalan minta ujan…Tapi ada lage kejadian yang lebih lucu..yakni manakala ada pesawat terbang melintas..semuanya juga mengumandangkan rapalan bersama..minta duit…Xixixixiiiiii…

Terus terang..djo pengen ketawa ngakak…Ada-ada ajah temen-temen djo tu…Mungkin ajaran ortunya di rumah kayak gitu kale yach…Xixixixixiiiii…

Tapi emang waktu tu ada kejadian yang ga akan pernah dialami oleh anak-anak kecil sekarang…Karna kadangkala..pesawat terbang yang melintas tu..menyebarkan selebaran ato brosur mengenai iklan ato propaganda tertentu…

Asyik loh ngeliat selebaran yang melayang-layang bebas di angkasa..yang disebarkan oleh pesawat terbang tu..pelan-pelan pada turun dengan cueknya…N seperti orang yang rebutan sembako..kita pun berebutan mengumpulkan selebaran tu sebanyak-banyaknya…Tak terkecuali orang-orang yang udah dewasa ato yang udah tua juga ikut berebutan ama kita-kita yang kecil-kecil ni…Xixixixixiiii..seru yach…Heheheheheeeee…

Padahal isi selebaran tu sama semua..cuman beda warna kertasnya doang…Jadi mo ngumpulin atu ato banyak sekalipun..ga ada bedanya…Hihihihiiiii…Parah yach…Heheheheheeeee…

Djo dulu waktu kecil gampang sakit kalo keujanan…Makanya kalo ada sodara yang ngajakin djo pergi..trus djo keujanan..lalu sakit..bisa dipastikan tuk berikutnya djo ga pernah diajak pergi-pergi lage…Djo jadi sedih..emang mau djo tuk gampang sakit karna keujanan…Hiks..hiks..hiks…

Pernah dulu djo diajak pergi ama ibu djo pariwisata…Pulangnya keujanan karna ibu djo ga bawa payung…Ampe di rumah..malemnya djo langsung sakit…Panas tinggi…Karna waktu tu hari minggu..ga ada dokter yang praktek..maka djo diobati dengan ramuan alami penurun panas…Bentuknya cair kayak param kocok…Tu manjur banget…Kalo djo diolesin obat alami bikinan ibu djo ndiri tu malem ari..besoknya panas badan djo menjadi normal kembali…

Namun..sebelum djo diberi obat alami tu..ada ritual khusus yang harus dijalanin dulu…Yakni makan cwie mie…Heheheheeee…

Sebenernya bukan cwie mienya yang jadi ritual khusus…Tapi djo kudu makan kenyang sebelum tidur n mendapat olesan obat alami tu…Biasanya kalo sakit panas kayak gitu..selera makan djo ilang…Nah..biar djo mo makan..ibu djo membelikan cwie mie kesukaan djo tu…Heheheheeee…

Karna dalam kondisi sehat maupun sakit..selera makan djo terhadap cwie mie ga bakal berubah…Tetep ajah lahap…Heheheheeeee…

Makanya djo rada heran kalo ngeliat temen-temen kecil djo yang pada riang gembira menyambut datangnya air ujan yang mengguyur kampung djo…Makin deras makin asyik ajah mereka maen ujan-ujanannya…Sedang djo menepi tuk berteduh kalo ga sempet pulang ke rumah…

Dengan bermodalkan celana kolor doang..mereka maen ujan-ujanan…Ada yang maenin air yang ada di got..maen kejar-kejaran..siram-siraman air..n laen-laen…

Selaen suka maen ujan-ujanan…temen-temen kecil djo tu juga suka berenang di sungai…Djo rada males kalo diajakin temen-temen tuk berenang di sungai…Soalnya sungainya kotor karna dibuat tuk segala macam kebutuhan idup…Mulai dari memasak..mandi..nyuci baju n piring..buang air..ampe budidaya ikan…

Tapi tetep ajah temen-temen djo berenang dengan suka ria…Padahal di sebelahnya..ada benda kuning-kuning yang sedang mengambang mengikuti aliran air sungai…Yang bikin sebel tuch..kalo lage asyik maen-maen di sungai..tiba-tiba muncul bapak-bapak yang berjalan ke arah tepian sungai..lalu jongkok..n mulailah muncul benda kuning-kuning tadi mengikuti aliran air sungai…

Ternyata hal tu udah menjadi kebiasaan seari-ari…Temen-temen djo juga kalo buang air di sungai…Katanya sich lebih nyaman n gampang buang airnya…Begitu bokong dah bersentuhan ama air sungai..langsung ajah isi muatan perut lancar jaya keluar atu per atu…Kalo kondisi kering..ga kerendem air ama sekale..biar udah atu jam juga ga nongol-nongol tu isi perut…Yikz…

Ada-ada ajah…Heheheheeee…

Beberapa taun kemudian kampung djo dibikinin kamar mandi n wc umum oleh pemerintah…Tapi tetep ajah kebiasaan mandi n buang air di sungai ga ilang juga…Sedang kamar mandi umumnya dipergunakan tuk masak n nyuci doang…

Kalo sekarang..djo ga tau lage gimana kondisinya…Karna djo udah lama ga idup di kampung…Semenjak djo masuk SMA..keluarga djo udah ninggalin kampung kecil tu…Karna ibu djo ga suka idup di kampung..maka ibu djo berusaha mati-matian agar bisa ninggalin kampung tu..yang sebenernya adalah kampung halamannya ibu djo ndiri…

Trus terang djo salut ama usaha ortu djo…Padahal sedang dilanda krisis finansial kayak gitu..tapi dalam waktu tiga taun kemudian bisa bangkit n bisa punya rumah ndiri walo agak di pinggir kota…Sebelumnya sich numpang di rumah nenek djo di kampung…

DJO

One Response to “Ujan-Ujanan”

  1. Agak jorok tapi lucu mas bro djo….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: