Brem

Brem tu apaan yach..? Djo ndiri bingung tuk ngejelasinnya…Tapi gara-gara brem ni..djo jadi nyadar kalo udah dikibulin…Hiks..hiks..hiks…


Waktu djo kelas 1 SD dulu..bu guru agama djo dalam salah atu sesi mengajarnya..pernah bilang di depan kelas kalo kita tidak boleh berjudi..dosa..kata bu guru lage…salah atu contohnya ya orang-orang yang jualan permainan di luar pagar sekolah djo…

Emang sich..ada atu-dua orang penjual yang teknik menjualnya dengan mengajak bertaruh…Yakni kita bayar duit tuk ikutan permainan yang pemenangnya bisa dapat hadiah macam-macam…Ada mobil-mobilan..pistol-pistolan..dan laen-laen…Namun kalo ga menang..tetep dapat hadiah hiburan..yakni sepotong brem…Heheheheeee…

Jadi..menang maupun kalah tetep dapat hadiah…Ga rugi khan…Heheheheeee…Tu pikiran kebanyakan temen-temen djo loh…

Selama ni temen-temen djo belum ada yang berhasil keluar sebagai pemenangnya…Alhasil kalo pas istirahat..temen-temen djo yang cwo pada makan brem semua…Lah emang ga ada yang menang taruhan…Hihihihiiiii…

Lama-kelamaan djo yang ga pernah ikutan jadi ngerasa penasaran juga…Djo pengen nyobain salah atu permainannya…

Djo pun mendekati salah atu penjual mainan yang sedang rame dikerubungi temen-temen djo…

“Mo nyoba..?” tanya si penjual…

Djo pun mengangguk dan menyerahkan duit Rp25,- kepada si penjual…Lalu djo dipersilahkan mengambil salah atu diantara setumpuk kertas yang udah ditulisi dengan sabun…Setelah djo ambil salah atunya..lalu kertas tersebut dicelupkan ke dalam aer..dan muncullah angka yang sudah ditulisi dengan sabun…Bila angka yang muncul adlah 100..maka djo akan jadi pemenangnya…

Ternyata yang keluar bukan angka 100…Berarti djo belum menang…

Masih ada 2 kale kesempatan lage…Djo pun menggunakan kesempatan 2 kale tersebut…Ternyata angka 100 ga muncul…Terpaksa djo mau menerima hadiah hiburannya berupa brem…Heheheheeee…

Besoknya djo mengulangi lage..dan kembali djo ga menang…Huhh..menyebalkan dech…

Hari-hari berikutnya..djo pun akhirnya seperti temen-temen yang laen…Asyik bermain taruhan pas waktu istirahat sekolah…

Suatu saat djo bosen juga ga menang-menang…Akhirnya djo ganti permainan ke penjual yang laennya…Kale ni djo mo ikutan permainan mengambil kelereng di dalam kantung kain hitam…

Jadi aturan maennya tu..kita diharuskan bisa mengambil kelreng warna merah diantara ratusan kelereng yang berada di dalam kantung kain hitam…

Seabis membayar Rp25,- djo pun bersiap-siap…Djo dipersilahkan si penjual tuk melongok ke dalam kantung kain hitam tu…Kebetulan djo ngeliat kelereng warna merah sedang menyembul diantara kelereng warna laennya…

Djo pun bersiap memasukkan tangan djo ke dalam kantung hitam yang dipegang si penjual tersebut…Sasaran udah djo incar…

Sewaktu djo memasukkan tangan kanan djo..si penjual melakukan tindakan curang dengan menggerakkan kantung hitam tu keatas seketika tu juga…Seingga timing tangan djo tuk mengambil kelereng merah menjadi ga pas…

Saat djo mengeluarkan tangan djo..yang terpegang kelereng warna merah…Huahahahaaaaa..djo menang…Temen-temen yang tadi ikut menyaksikan ikutan bersorak…Sesaat djo melirik hadiah pemenang yang dipajang…Hmmm..mobil-mobilan searga ampir Rp5.000,-…Tu termasuk mobil-mobilan kelas mewah tuk ukuran djo…

Tau ga apa yang terjadi…

Si penjual mangkir tuk memberikan hadiah utama…Dia beralasan bahwa tadi dia keliru bilang..semestinya tuk menang harusnya ngambil kelereng warna hijau..bukan yang merah…Dan djo pun dianggap kalah dan cuma dikasih hadiah hiburan berupa sepotong brem…Huhhh..curang…!!!

Djo pun protes dan minta hadiah utamanya…Tapi si penjual tetep ajah ga mo mengakui kemenangannya djo…Bener-bener curang…!!!

Djo ngerasa jengkel namun ga bisa apa-apa…Cuman keesokan harinya sewaktu istirahat..djo ngelarang temen-temen djo tuk maen yang kelereng…Soalnya penjualnya maen curang…Mo menangnya ndiri…

Apalage temen-temen yang kemaren ikut menyaksikan kemenangan djo juga ikut memperkuat keterangan djo…Djo pun tanpa peduli mengatakan hal tersebut langsung di dekat si penjual…Kale ni si penjual ga berkutik…Dia diem ajah walopun tau ndiri kalo djo berkoar-koar merusak pangsa pasarnya…

Salah ndiri..curang sich…!!!

Esoknya..djo ga ngeliat si penjual curang tu…Mungkin gara-gara kedoknya djo bongkar..jadinya dagangannya ikutan sepi…Rasain..pikir djo…

Hari-hari berikutnya..djo pun tetep ga ngeliat si penjual tu lage…Mungkin udah jera dia…Ato dirinya sedang mencari mangsa baru di sekolah yang laen…

Entahlah…

DJO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: