SMP Kelas 1 (1)

Peralihan dari anak SD menjadi anak SMP merupakan masa-masa yang sangat menyenangkan bagi djo…Djo merasa udah menjadi lebih besar daripada sebelumnya…Seingga kenangan semasa kelas 1 SMP menjadi suatu yang membahagiakan…Jadi peristiwa apapun yang terjadi seputar keidupan djo semasa kelas 1 SMP bakal tetap terekam manis di ati djo…

sedihnya kalo jalan kaki ke sekolah ya pas ujan kayak gini…

Horeee..djo diterima di SMP favorit di kota djo..sekaligus juga SMP favorit di kampung djo…Padahal sebelumnya djo sempat deg-degan juga…Lah nilainya djo khan termasuk pas-pasan tuk ukuran sekolah favorit tu…

Malah sewaktu pendaftaran..djo sempat mengurungkan niat tuk mendaftar di sekolah ni…Dan djo langsung dimarahin ama guru djo kala beliau tau djo ngerubah formulir djo…

Guru djo bilang ngapain takut..toh nilai djo cukup baik tuk ngedaftar di sekolah tersebut…Sebenernya djo bukannya takut..Cuman saat tu..dengan kondisi ekonomi ortu djo yang sedang terpuruk..djo ga pengen tambah membebani lage bila djo ampe bersekolah di SMP swasta…

Waktu tu..biaya di sekolah swasta jauh lebih mahal dibanding di sekolah negeri…Beda ama sekarang yach..lebih mahalan yang negeri ketimbang swasta..hihihihiiii…

Dengan perasaan cemas..djo bulatkan tekad tuk berebut salah atu kursi di sekolah favorit tu…Dan djo menempati urutan 140-an dari 270-an anak..ditambah beberapa lage yang menjadi cadangan…

Setelah daftar ulang..akhirnya djo resmi menjadi siswa di sekolah favorit tu…Masa-masa awal perseklohan..diawali dengan penataran P4…Seru banget dech pokoknya…

Waktu tu yang jadi ketua kelasnya adalah heru…Wali kelas djo sempet nanya ama heru apakah dah sunat apa belum..dan dijawab udah…

Untungnya yang jadi ketua kelas saat tu bukan djo…Djo bakal gelagapan kalo ditanya seperti tu…Lah djo khan belum sunat waktu tu…Hihihihiiiii…Tapi kelar atu minggu setelah penataran P4..ama nenek djo..djo disuruh sunat…Djo pun manut ajah…

Sewaktu djo masuk sekolah lage setelah ijin ga masuk seminggu karna sunat..kelas djo punya ketua kelas baru..seorang cwe..namanya tiwi…Nich anak emang sejak penataran P4 kemaren udah jadi selebnya kelas djo…Dan mungkin anak-anak pada mo ngerjain tiwi..seingga tiwi yang jadi ketua kelas baru di kelas djo…

Lucunya..para cwo di kelas djo pada caper semua di depan tiwi..kecuali djo…Heheheheeee…

Cuman yang bikin jengkel nich..kayaknya tiwi ni sering cari gara-gara ama djo…Jadinya djo seringkali bertengkar ama tiwi…Padahal djo dah berusaha ngehindari tiwi..tapi ada ajah yang bikin djo bertengkar ama tiwi..bikin sebel ajah…

Oya..di kelas 1 SMP ni adalah masa-masa yang sangat menyenangkan bagi djo…Entah mengapa djo juga ga ngerti…

Waktu tu djo masuk siang…Jadinya keidupan djo juga berbeda jauh dibandingkan sewaktu djo masuk pagi pas SD dulu…

Pagi-pagi buta djo selalu dibangunin ama ibu djo tuk sholat subuh di masjid yang kebetulan berada di depan rumah yang dikontrak ortu djo di kampung…Abis subuhan..djo baca-baca buku pelajaran yang dipinjami dari sekolah sekalian ngerjain PR kalo ada…Abis tu djo jagain pee karna ibu djo belanja ke pasar…

Saat ibu djo pulang dari pasar..djo masih harus jagain pee karna ibu djo masih mo masak dulu…Barulah setelah tu..djo bisa bebas mo ngapain ajah…Biasanya sich djo ndengerin sandiwara radio saur sepuh sambil makan nasi rujak manis bikinan ibu djo…Menyenangkan banget saat tu…

Jam sebelas..djo mulai bersiap-siap berangkat sekolah…Jarak sekolah djo dari rumah kira-kira 5 km…Tapi kalo lewat jalan pintas cuman 3 km..yang biasanya djo tempuh dalam waktu setengah jam berjalan kaki…Selain ngirit uang jajan..juga bikin badan sehat…

Jam pelajaran di sekolah djo dimulai jam 12 siang ampe jam 5 sore..dengan 2x waktu istirahat…Biasanya djo istirahatnya ga kemana-mana..apalage yang istirahat ke-2 cuman djo abisin tuk sholat ashar di mushola sekolah yang baunya minta ampun…Bau kaus kaki ama sepatu butut…Ngebikin ambyar konsentrasi sholat ajah…Hihihihiiii…

Ga seperti murid-murid laennya yang punya temen geng..djo ga punya ama sekale…Djo pake prinsip non blok sich…Jadinya enak..mo maen ama geng mana ajah pasti djo diterima dengan baek…

Suatu saat sewaktu pulang sekolah..djo bertemu ama temen yang searah pulangnya…Nich anak kayaknya pinter dech..soalnya suka baca majalah dan kirim jawaban tts…Tu kesimpulan djo selama ngobrol ama temen seperjalanan kale ni…Kelak djo baru tau kalo namanya adalah praba

Sesampe di rumah..djo langsung mandi…Trus sholat maghrib di masjid..diteruskan dengan ngaji hingga masuk waktu isya’…Selesai tu..djo mengulang pelajaran hari ni sambil ngedengerin radio…Hingga sekitar jam sepuluhan..djo mulai beranjak tidur…

DJO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: