Biang Kerok

djo jadi biang kerok

Idup tu ga selamanya berjalan sempurna…Ada kalanya kita menjadi pahlawan..tak jarang pula kita menjadi bajingan…Lah kalo biang kerok tu apaan yach..? Biang kerok tu mungkin semacam penyakit biang panu kale yach…Heheheheeeee…

Pernah loh suatu ketika djo menjadi biang kerok..sering malah…Hihihihihiiii…Ga percaya yach..? Djo ndiri juga ga percaya loh..! Gene nich kisahnya…

Yang namanya seni tu pastilah menarik khan..? Djo kayaknya ga bakat di bidang seni loh…Entahlah bener ato ga…Tiap kale djo pengen berkarya seni..hasilnya nol besar…Jadi sedih dech…Hiks..hiks..hiks…

Dulu sewaktu djo njalanin ospek di SMA..djo ama kawan-kawan sekelas pada bingung mo nampilin apa…Soalnya tiap kelas wajib menampilkan perwakilannya untuk berkarya seni…

Kebetulan ajah yang kudu ditampilin tu karya seni tari…Repot dach nyari temen-temen yang pandai menari…Di kelas djo ga ada atu pun yang bisa nari..baik yang cwe maupun cwo-nya..sama ga bisa nari..payah dach pokoknya…

Kalo ajah dulu djo sekelas ama juli..pastilah juli ni yang bakal kita suruh tampil…Karna ternyata si juli ni juara nari loh…Walo djo ga ngerti juara narinya setingkat apa..tapi yang jelas kalo pas acara agustusan di kampungnya..juli pasti tampil tuk menari diatas panggung…

Lah berhubung waktu tu ga ada yang bisa diandelin tuk menari..akhirnya djo bersama pikri..dibantu sude..lanang..ama didik..kepaksa mengkreasikan ide menari…Soalnya kalo besok ga ada atu pun dari kelas djo yang tampil menari..kelas djo bakal dihukum berat…Hiiiii..ngeri dech…

Djo bisa ngebayangin gimana ngerinya dihukum waktu ospek tu..lah soalnya pagi arinya djo ama romi dibantai ama para senior di ruang 13…

Kita berlima akhirnya memutuskan tuk membawakan tarian yang rancak dan ga sulit-sulit latihannya..yakni tari perang dari papua..entah papua bagian mana ga penting banget saat tu…

Latihannya pun cuman bentar..ga ampe 30 menit dah selesai…Pokoknya yang penting waktu tampil tuch masing-masing penari harus berimprovisasi ndiri-ndiri..bergerak sebisanya ngikutin tabuhannya didik…

Tau ga..ternyata tarian ngawur dari kelas djo ngedapatin aplaus yang paling meriah dari penonton yang berasal dari peserta ospek ndiri…

Cuman sayangnya tim juri ga sependapat ama para penonton…Kelas djo ga dapat juara ama sekale..yang langsung disambut koor “huuuuuu” dari para penonton…Heheheeeee…

Di kelas 1 SMA sebenernya banyak kegiatan kesenian yang diagendakan di sekolah djo…Emang sich sekolah djo tuch sangat menghargai karya seni…Jadi setiap ada momen apa pun pasti gebyar seni ga ketinggalan tuk tampil…

Sewaktu djo kelas 2 SMA..di sekolah djo dilaksanakan festival seni tuk menyeleksi kelas mana ajah yang bakal ditampilin sewaktu pentas seni yang bakal ditonton masyarakat umum…

Waktu tu kelas djo mo nampilin seni tari lengkap ama penabuh gamelan dan tata lampu yang diisi ndiri oleh temen-temen…Djo kebagian peran sebagai penari…

Pas ari-ari yang penuh latihan keras..djo sering ga hadir…Akhirnya peran djo sebagai penari digantikan oleh temen djo yang laen…Sedang djo diberi peran yang agak ringan sebagai tim gamelan..dimana djo bakal bertindak sebagai penabuh gong…Heheheheeee..keren khan…Bukannya yang sering nabuh gong tuch para pejabat yang sedang meresmikan sesuatu…Iya toch…Heheheheeee…

Parahnya..djo yang cuman sesekale ajah menabuh gong..sering ga pas ama suara gamelan yang laen…Kadang kecepetan..kadang telat…Tapi lebih sering telatnya ketimbang kecepetannya…Gara-gara djo..latihan narinya seringkale diulang…

Lama-lama para penarinya pada protes semua karna harus selalu mengulang hanya tuk menyelaraskan antara gamelan dan tarian..dimana ga pernah selaras gara-gara djo…Hihihihiiiii…

Akhirnya djo diturunkan perannya lage menjadi tata lampu…Djo kudu belajar lage gimana menyelaraskan antara gerakan tari..gamelan..dan kerlap-kerlipnya lampu panggung agar lebih menegaskan makna dari tarian yang dibawakan penari…

Lage-lage djo ga bener maenin lampunya…Djo sering telat maenin lampunya…Dimana sewaktu tarian mulai seru karna mulai ada perang..lampu yang harusnya berkerlap-kerlip cepet menandakan serunya peperangan jadi terasa hambar gara-gara djo maenin lampunya telat…Jadi djo masih maenin kerlap-kerlip lampunya tetep lambat seperti saat suasana sedang damai…

Akhirnya ama koreografernya..djo diturunin lage perannya…Kale ni djo menjadi perlengkapan merangkap sekuriti…Duuch koq melas banget nasib djo…Masa dari awalnya djo berperan sebagai salah atu penari..kini djo menjadi sekuriti…Nasib..nasib…

Tapi ternyata jasa djo sangat besar di malam festival seni tu…Kelas djo jadi juara 1 sekaligus bakal tampil di acara puncak pentas seni…Duch..bangganya…

Andaikan waktu tu djo tetep jadi salah atu penari..belum tentu kelas djo bakal menang…Jadi jasa djo sangat besar…Djo sangat legowo walopun jadi perlengkapan merangkap sekuriti…Kalo ga..ga bakalan menang tuch kelas djo…Heheheheeee…

Karna waktu tu djo berhasil memadamkan obor api yang menjadi bagian dari tarian dari kelas djo yang gagal padam dan menjadi membara…

Andaikan waktu tu djo ga waspada..panggung akan kebakaran hebat…Karna panggung banyak terbuat dari bahan yang mudah terbakar..terdiri dari kain..kardus..dan kertas…

Tapi yang menjengkelkan..peran djo ama sekale ga diliput oleh majalah sekolah…Yang diliput malah para penari dan penabuh gamelan ajah…Padahal khan jasa djo sangat besar…

Jelas dong..kalo ajah djo bersikeras ga mo diganti sebagai penari..ato sebagai penabuh gong..tentu kelas djo ga mungkin menang…Malahan bakal kacau dech gara-gara ada djo di dalamnya…Heheheheeeee…

Udah dech..djo udah capek tuk ngetik kisah kelanjutannya…

Trus kapan jadi biang keroknya..? Ntar ajah dech kalo djo ga males ngetiknya…Kalo males sich..ya djo ga bakal ceritain kelanjutan kisah ni…Hehehehehee…

Penasaran yach..? Hihihihihiiiii….Salah ndiri…Serius amat baca kisahnya djo kale ni…Heheheheeeee…

DJO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: