Umbul

Umbul..selembar kertas yang berisi beberapa potongan gambar…Dimana bila mo dijadikan permainan..gambar-gambar kecil tu harus dipotong..tuk diadu…

contoh umbul

Umbul..entahlah apa namanya bila di belahan bumi Indonesia lainnya..yang jelas permainan ni di kampung djo dinamakan umbul…

Umbul..salah atu jenis permainan yang mengandalkan kecermatan perhitungan dan keberuntungan…Gimana ga..salah perhitungan dikit ajah..umbul kita bakal melayang ke tangan yang laen…

Kisah ni bermula saat djo dibelikan ibu djo selembar umbul…

Bener apa kata pepatah yang mengatakan ‘ada gula ada semut’…Gitu tau djo punya selembar umbul baru..seorang bocah yang dah lebih besar dari djo..namanya mustopah..berkunjung ke rumah djo…

Awalnya dia cuma bilang pengen liat umbul djo..tuk dibaca kisah yang ada di gambar tu…

Ni anak punya sifat yang djo ga terlalu suka..yakni raja tega…Hihihiiiii…Maksudnya tu..mustopah ni tega makan temen ndiri demi keuntungannya dia ndiri…Jadi sering memanfaatkan temennya tuk kepentingannya ndiri…Bisa dikatakan..mustopah ni bukanlah anak yang setia kawan…Suka ngibulin n ngorbanin temennya…

Waktu tu djo masihlah bocah lugu yang masih kelas 1 SD…Sedang mustopah ni dah kelas 3 SD…

Sebagai bocah kecil yang lugu n lucu..hihihiiii..djo ga nyadari maksud sebenarnya dari mustopah…Lama banget dia maen di rumah djo..ampe-ampe djo bosen ndiri nemenin mustopah…

Suatu saat mustopah memberikan bisikan setan pada djo…”Yuk kita gunting umbulnya. Ntar bisa kita buat mainan..!”

Saat tu djo ngerasa sayang banget selembar umbul yang dibelikan ibu djo mo dipotong kecil-kecil…Djo nolak dengan tegas…Susahnya..ni anak bener-bener tangguh dech kalo dah ada maunya…Mustopah ga nerusin bisikan setannya..tapi tetep ga mo pulang…Kembali dia berusaha mengalihkan perhatian djo…

“Yuk, maen ke luar..!” ajak mustopah…Sekali lage djo menggeleng…Djo bener-bener males banget dech…

“Anak-anak lage maen umbul tuch di luar..kita gabung yuk..!” ajak mustopah ni lage…Dan djo tetep bersikukuh tuk menolak ajakan setan tu…

“Napa sich koq takut gitu..Kamu pasti bisa menang dech..!” mulut beracun tu kembali melancarkan aksinya…Djo masih tetep bersikukuh ga mau…

“Ayo kita latihan, yuk…!” ajak mustopah lage..sambil ngeluarin umbulnya dari balik sakunya…Di sini djo mulai tertarik tuk mendekat mo lihat umbulnya mustopah yang berbentuk potongan gambar kecil-kecil…

“Ni jagomu..!” kata mustopah lage sambil memberi djo sepasang potongan umbul…”Ni jagoku..!” katanya lage…

“Yuk, kita adu..!” ujar mustopah sambil mengambil umbul yang jadi jago djo tuk dilempar ke udara…Eh..koq jago djo menang yach…

Abis gitu gantian djo yang melempar..sekale lage umbul jagoan djo yang menang…Beberapa teknik melempar umbul diajarin mustopah agar djo menjadi terlena…

“Tuch..jago juga khan maen umbul..!” kata mustopah suatu saat…Kebetulan jago djo berulang-ulang menang ngelawan jagonya mustopah…

“Gimana kalo kita adu beneran..?” mustopah menawarkan racun kembali…”Kalo aku menang aku dapat lembaran umbulmu…Kalo aku kalah..umbul yang ada di tanganku ni jadi milikmu..!” kata mustopah lage…

Djo yang udah terlena n mabuk kemenangan semu..menjadi tertarik…Djo ngerasa yakin pasti bisa menang..karna tadi pun djo menang berulang kale lawan mustopah…

“Yuk, kita mulai..!” kata mustopah lalu ngelempar umbul jagoan djo ama jagoannya ndiri…Dengan teknik ngelempar yang tak diajarkan ke djo..mustopah memenangkan adu umbul ni dengan sekale lempar..tanpa ada perlawanan dari djo…

“Yak, aku menang..!” seru mustopah..dan dalam sekejab selembar umbul milik djo berpindah tangan…Tak menunggu lama..mustopah pun ngeloyor pergi karna telah berhasil mendapatkan apa yang dimauinya…meninggalkan djo yang mulai menyadari apa yang telah terjadi…Djo ngerasa dikibulin mustopah…Terasa perasaan sesak di dada…Djo ngerasa pengen nangis..namun masih bisa djo tahan…

Di depan teras rumah djo..mustopah berusaha meminjam gunting dari temen yang sedang mengadu umbul…Dan dengan entengnya mustopah mulai menggunting selembar umbul yang tadi masih milik djo..menjadi potongan kecil-kecil…Tak terasa air mata djo mengalir saat djo menyaksikan lembaran umbul tu mulai digunting dari balik jendela rumah djo…Djo pun menangis sedih…Huhuhuhuuuuu…

Djo ngerasa nyesel banget..napa mudah banget terbujuk rayuan setan keriting atu tu…Terlebih saat ibu djo nanya..mana umbulnya koq ga ada…Membuat djo ngerasa menyesal ga abis-abis…Huhuhuuuuu…

Waktu pun berlalu…Djo udah kelas 4 SD n mustopah pun kelas 6 SD…

Musim umbul datang lage…Sekarang ni djo bukan lage bocah kecil lugu yang mudah dikibulin..termasuk ama mustopah sekalipun…Djo juga cukup jago tuk adu umbul saat ni…Bahkan mustopah selalu berusaha berkelit dengan berbagai macam dalih..kala djo tantang tuk adu umbul…

Terus terang ajah djo belum bisa menghapus kenangan buruk saat djo dikibulin n dikerjain ama mustopah…Setiap kale musim umbul..djo selalu menarget mustopah…Djo boleh kalah ama anak yang laen..tapi jangan ampe kalah ama mustopah…Walo demikian djo jarang kalah walopun adu umbul ama anak laen..bahkan dengan anak kampung sebelah pun…

Yang bikin mustopah keder ama tantangan djo..karna djo pernah ‘menghabisi’ jagoan umbul dari kampung sebelah…Umbulnya kalah abis -abisan sewaktu duel ama djo…

Tapi djo belum ngerasa puas kalo belum bisa ‘menghabisi’ mustopah…

Suatu saat djo adu umbul dengan modal umbul yang dikit…Dengan modal dikit tu..mudah banget kalah kalo adu umbul…Emang ni djo sengaja tuk memancing keberanian mustopah…

Beberapa kale djo kalah ama mustopah..n musti kembali ke rumah tuk ngambil persediaan umbul djo…Djo menggunakan taktik yang dulu digunakan mustopah..yakni membuat lengah lawan..dalam hal ni ya si mustopah tu…

Ampe suatu saat setelah beberapa kale kalah..djo ngambil umbul yang agak banyakan…Djo pura-pura dah keabisan umbul karna emang hasil kemenangan umbul djo waktu ngelawan jago kampung sebelah udah djo jual sebagian…Padahal walo gitu..persediaan umbul djo masih banyak di gudang…Hihhihiiiiii…

Djo sengaja ambil umbul sebanding dengan umbulnya mustopah yang semakin banyak setelah menang dari djo…Djo mo menghabisi mustopah sekale pukul..seperti yang dilakukannya dulu pada djo…Hihihihiiii…Djo jahat yach….

Mustopah yang ga nyadari kalo dia dah masuk perangkap djo karna lage mabuk kemenangan..seperti djo dulu..menerima lage tantangan djo…

Kale ni djo mo nerapin akal bulus..umbul yang jadi jagoan djo..udah djo kasih minyak..sehingga akan selalu menghadap ke atas…Ga banyak yang tau trik curang kayak gini..termasuk mustopah juga…

Waktu tu umbul yang udah djo kasih minyak ga djo keluarin dulu…Ntar ajah kalo udah mo adu umbul dengan taruhan terakhir…

Mustopah melempar umbul jagoan djo n mustopah…Kale ni yang menang djo…Umbul yang tadi udah dengan susah payah dikumpulin oleh mustopah dari beberapa kemenangan kecil..kini telah jadi milik djo dengan sekale lempar…

Mustopah kepancing juga…dia pulang mo mengambil umbul persediaannya…Membawa sebagian besar umbul persediaannya…Dan dengan beberapa kale lempar..umbul ini pun berpindah tangan menjadi milik djo…Wajah mustopah memerah..sepertinya ga bisa menerima kekalahannya…

Mustopah pulang lage tuk mengambil persediaan umbul terakhirnya…

Kale ni djo berniat mo menggunakan trik curang djo..dengan mengganti umbul jagoan yang awalnya belum djo kasih minyak dengan yang udah djo kasih minyak…Karna gambarnya sama..ga ada yang nyadari kalo umbul jagoannya djo udah djo tukar…

“Ayo taruhan terakhir..!” seru mustopah…Setelah diukur n dicampur antara umbul djo n mustopah..mustopah minta giliran pertama tuk melempar umbul…Dengan teknik yang sama sewaktu ngalahin djo beberapa taun yang lalu..mustopah pun melempar umbul…

Djo tersenyum kecil..karna dengan akal bulus tu..kemenangan djo hanyalah tinggal menunggu waktu…

Bener ajah..setelah beberapa kale melempar umbul..umbul taruhan pun menjadi milik djo…

Kale ni gantian mustopah pulang dengan wajah memerah setengah menangis..karna diejek ama anak-anak laen…Masa mustopah yang udah kelas 6 SD kalah ama anak yang lebih kecil yang masih kelas 4 SD…Mustopah berlari kencang menuju rumahnya..meninggalkan djo yang sibuk ngumpulin tumpukan umbul hasil kemenangan besar djo…Hihihiiiii…

Sesuai tradisi di kampung djo..sapa ajah yang abis menang besar akan membagikan sebagian hasil kemenangannya kepada temen-temen yang laen dengan cara melempar ke udara..n temen-temen bakal berebut ngumpulin umbul yang sedang terbang berserakan…

Djo pun begitu…Djo ambil segenggam umbul di tangan kanan djo…Setelah temen-temen pada berkumpul..djo lalu mencari tempat yang agak tinggi tuk melempar umbul yang ada di tangan djo ke udara…

Pemandangan yang sangat indah kala djo melihat temen-temen pada berebut ngumpulin umbul yang sedang terbang berserakan..yang barusan tadi masih ada di tangan djo…

Sorenya..ibunya mustopah bertamu ke rumah djo..ditemuin ama ibu djo…

Ibunya mustopah ni mo minta sebagian umbul yang tadi djo menangin sewaktu ngelawan anaknya…Sebenernya djo ga mo ngasih..tapi tatapan mata ibu djo yang tajam seakan hendak menyuruh djo tuk nurut…Akhirnya djo pergi ke gudang tuk mengambil segenggam umbul..tuk djo berikan ke ibunya mustopah…

Rupanya di rumahnya..mustopah ni ngerengek ke ibunya tuk dimintakan kembali umbulnya yang telah djo kalahin…Dasar ibu n anaknya sama ajah..ga punya malu kalo nurut pendapat djo..tanpa sungkan lage langsung bertamu tuk minta sebagian umbul anaknya…Maunya sih semua umbul anaknya yang tadi djo kalahin mo diminta…Huuuhhh..maunya…

Rasain lu mustopah…

Ga enak khan kalo kalah karna dikibulin kayak gitu…Sakit banget khan…Heheheheeeee…

Dendam djo dah terbalaskan…Kekekekekkkkkkk…

DJO

2 Responses to “Umbul”

  1. untung aja ibu mustopah & mustopah ngga sampe timbilen gara-gara meminta kembali umbulnya yg uda ada ditangan Djo…

    emang baek atimu Djo disaat kecilmu…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: