Duel Kelereng

Ternyata masa kecil tu emang masa emas dalam idup kita…Dan ni cerita tentang masa emasnya djo..sewaktu maen kelereng…

lage membidik nich...

Djo ga inget pasti kapankah djo mulai suka mengadu kelereng…Di kampung..djo termasuk atu dari segelintir anak yang tembakan kelerengnya jitu…Djo sering menang bila mengadu kelereng ama temen-temen djo..baek yang sebaya maupun yang lebih besar dari djo…Djo ga pernah mau mengadu kelereng ama yang masih kecil…Soalnya ga selevel sich…Hihihihiiiii…

Temen djo yang sebaya tuch..kadang mencari mangsa dari anak-anak kecil…Mereka mengajak adu kelereng anak-anak pupuk bawang tersebut…Jelas ajah ga perlu waktu lama kelereng anak kecil tu pun akan berpindah tangan dalam sekejap…Nah..djo tuch ga tega kalo harus ngerampas kesenengan anak-anak kecil tu bermain kelereng…Toh..djo bisa dapat banyak kelereng dengan mengadunya ama yang sebaya ato anak yang lebih besar dari djo…

Hingga suatu saat…

Temen-temen sepermainan djo pada sepakat ga mo mengadu kelereng dengan djo…Mereka baru mau mengadu kelereng apabila djo mau ngerubah gaya menembak kelereng djo yang udah termasyur tu…Heheheheeeee…

Djo sempet protes juga…Tapi mereka ga mo bergeming dengan keputusan yang udah mereka sepakati…Dan akhirnya djo pun menerima pelarangan mereka tu…Toh sebenernya ga hanya djo ajah yang menerima pelarangan mereka tu…Ada atu anak laen yang ga diijinkan tuk menggunakan gaya menembaknya…Anak tu menggunakan gaya yang sama dengan djo dan sama jagonya juga…

Emang sich..dengan gaya yang baru..djo udah ga bisa dominan lage mengadu kelereng ama mereka…Djo ga bisa lage mengandalkan kejituan menembak kelereng…Dengan sedikit kecerdikan..djo masih bisa sedikit unggul dalam permainan…

Udah amper atu taun djo ga pernah menggunakan gaya menembak djo yang asli…

Suatu hari…

Anak kampung djo mendapat tantangan dari anak kampung laen tuk mengadu kelereng…Namanya anak kecil..ditantang gitu ya diterima oleh mereka…Waktu dan tempatnya pun telah ditentukan…Saat tu djo ga tau menau dengan kesepakatan tuch…

Sehari menjelang duel..djo dibujuk tuk menjadi salah atu jago dari kampung djo…Tapi djo ga mau karna emang djo lage ga mood tuk duel…Apalage djo rada gondok juga gara-gara harus ngerubah gaya menembak djo sejak setaun yang lalu…Djo bilang kalo djo ga terlalu pede dengan gaya menembak yang sekarang djo pake…Kemungkinan menangnya kecil…Apalage tiga jagoan dari kampung sebelah emang terkenal jago…

Esoknya..di waktu dan tempat yang udah ditentukan..banyak yang udah berkumpul…Baek anak-anak maupun orang dewasa pada merubungi arena pertandingan…Djo pun ikut berkumpul di sana..pengen liat gimana perjuangan anak-anak kampung djo ngelawan jagoan kampung sebelah…

Pertarungan hari ini emang tergolong luar biasa…Kelereng aduannya ajah mencapai 5000 buah dari masing-masing pihak…Padahal pertarungan terbanyak sebelumnya antar kampung laen cuman 2000-an buah kelereng…

Sebelum pertandingan..edi ngedekati djo tuk meminjam kelereng djo kira-kira 500-an…Ternyata jumlah kelereng dari anak kampung djo masih kurang 500-an tu…Sekaligus juga..edi ngebujuk djo tuk mau tampil jadi salah atu jago karna jago terakhir belum datang juga dari sekolah…

Djo luluskan permintaan yang pertama..djo mau minjami 500 kelereng..tapi dengan syarat…Kalo kalah kelereng djo tetep dikembalikan 500..kalo menang djo minta ‘jasa’ 500 lage…Jadi djo bakal pulang membawa 1000 kelereng…

Heheheeee..naluri bisnis djo muncul di saat genting seperti ni…

Ni naluri bisnis apa naluri pemeras yach…Heheheheeee…

Edi setuju dengan syarat djo…Karna kalo ga genap 5000..kampung djo dianggap kalah WO dan kena denda 2000 kelereng…Sadis bener dach…Hihihiiiiii…Djo pun pulang tuk ngambil 500 kelereng yang tersimpan di rumah…

Setelah perhitungan jumlah kelereng dari masing-masing pihak dinyatakan telah memenuhi syarat..pertandingan pun dimulai…

Jago pertama dari kampung djo adalah ediEdi ni sebenernya termasuk jago juga..tapi sering ngawur dan tanpa perhitungan kalo maen kelereng…

Bener ajah…Kelereng edi kena jebak dan dengan mudahnya jago kampung sebelah menembak kelereng ediEdi pun dinyatakan kalah…

Jago kedua dari kampung djo adalah anak yang senasib ama djo…Dia kembali menggunakan gaya menembak aslinya yang terkenal jitu tuch…Berarti kalo djo jadi jago yang terakhir..djo boleh menggunakan gaya menembak andalan djo juga dong…Bogem yang ada di sebelah djo membenarkan apa yang djo pikirkan…Lho..bogem nich koq bisa tau apa yang djo pikirkan yach…Sakti juga…Hihihihiiiii…

Tapi kalo jago kedua ni kalah lage..berarti kampung djo juga ikutan kalah…Dan melayanglah 5000 buah kelereng ke kampung sebelah…Huhuhuhuuuuuu…

Syukurlah..kejituan tembakannya ga berkurang walo lama ga dipake…Kampung djo berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1…

Di partai ketiga ditunda sementara sambil menunggu kedatangan jagoan dari kampung djo…Begitu djo tau sapa yang akan tampil..djo tertawa dalam ati…Yach ga bakalan datanglah..wong anaknya lage ada les tambahan di sekolah ampe sore…

Anak-anak kampung sebelah mulai gusar…Mereka mengultimatum kampung djo…Kalo ampe sepuluh menit lage ga ada yang maen..kampung djo dinyatakan kalah di partai ketiga…

Anak-anak kampung djo ga terima…Kalo ga ada partai ketiga berarti pertandingan berakhir seri…Dan taruhan dikembalikan ke masing-masing kampung…

Suasana pun menjadi rame dan mulai panas…Malah ada yang ngusulin tuk tawuran ajah…Waduh..koq jadi gawat gini nich…

Edi pun bertindak cepet..tuk kembali ngebujuk djo tampil jadi jago ketiga…Kalo djo bisa menangin partai ketiga..djo bakal dapat tambahan bonus sebanyak 1000 kelereng…Jadi djo bakal membawa pulang 2000 kelereng nantinya…Kalopun kalah..kelereng djo sejumlah 500 tetep dikembalikan…

Wah..menarik nich..pikir djo…

Akhirnya djo pun bersedia tampil tuk jadi jagoan ketiga…

Karna jadi partai penentu idup-matinya kampung..djo dan lawan djo maen ati-ati..ga gegabah ama sekale…Bener-bener adu mental dan strategi…

Lawan djo menggunakan taktik yang sama seperti temennya di partai pertama tuk ngejebak djo di bebatuan…Kelerengnya diumpankan agak menjorok keluar di sela-sela bebatuan tuk memancing djo…Sama seperti yang dilakukan lawannya edi tadi…

Kalo edi tadi tanpa pikir panjang langsung membidik dan menembak..djo masih pikir-pikir dulu…Soalnya kalo tembakan djo meleset..kelereng djo akan terjebak..dan menjadi sasaran empuk…Karna dibalik bebatuan tu ada tembok besar yang akan memantulkan kelereng yang dilepaskan dengan kencang hingga jatuh berada di dekat kelereng lawan…

Djo ga mo kepancing…Djo balik memancing lawan djo tuk menembak duluan…Djo yang harus pegang kendali…

Lawan djo ga mo mengikuti kemauan djo..tetap manggunakan taktiknya..memindah kelerengnya di sekitar bebatuan…

Edi mengusulkan tuk menembak sekeras-kerasnya…Toh kalo sudut datang kelereng ke tembok ga tegak lurus..kelereng akan melenting jauh khan..argumen edi

Djo masih pikir-pikir…Karna menurut peritungan djo..sudut datangnya kelereng amper tegak lurus…Bakal jadi sasaran empuk nich…

Penonton mulai ga sabaran…Ada yang menyemangati..ada yang saling ejek…Duch..tambah panas ajah suasananya…

Setelah menimbang-nimbang..djo pun mulai membidik…

Sebenernya djo agak ragu mo menembak…Disamping jaraknya cukup jauh..lebih jauh dari jarak tembaknya edi tadi..djo pun agak sangsi dengan keakurasian tembakan djo…Maklum ajah..udah setaunan djo ga pernah menggunakannya…Mana ga pake pemanasan lage sebelumnya…

Yang djo inget..arah tembakan akan sedikit melenceng ke kiri…Kalo jarak tembaknya cuman deket..ga bakalan terasa dan pasti kena…Tapi kalo jaraknya jauh kayak gini..amper 7 meteran..tentu akan melenceng jauh kalo ga dikalibrasi…

Sebelum menembak..djo pun menggerakkan tangan djo sedikit ke kanan..kira-kira 10-15 derajat…

seperti ni nich jurus andalan djo...

Setelah merasa timingnya pas..djo pun melepaskan tembakan…Djo pun menembak dengan keras…Tembakan pertama setelah atu taun ga menggunakan gaya andalan djo…

Tak dinyana..tembakan djo mengena dengan telak…Dan sejurus kemudian penonton dari kampung djo bersorak kegirangan…Horeeeee…

Jangankan yang laen..djo ndiri pun ngerasa surprise…Djo belum pernah bisa kena..menembak dari jarak sejauh tu…

Tak lama..setelah itung-itung..djo pun pulang membawa bagian dari jerih payah djo…

Total 2000 kelereng…Dikurangi dengan modal 500..berarti dalam sehari ni djo untung 1500 kelereng…Jumlah yang sangat besar…Djo ndiri kalo dalam permainan normal..baru bisa ngumpulin kelereng sebanyak tu amper dua taunan…

Karna dianggap berjasa..djo pun diperbolehkan menggunakan gaya andalan djo lage sejak tu…Asyiknya…

Dominasi djo bakalan berlanjut nich…Heheheheeeee…

DJO

3 Responses to “Duel Kelereng”

  1. Wah…hebat banget Djo di saat kecilx, udah jadi pemain sepak bola ( ngga tanggung2 jadi ‘striker’ ) trus jadi pemain kelereng dg jurus nembak yg begitu jitu & super ampuh… dach selayakx di saat kecilx, Djo patut dpt gelar ‘jagoan neon’ yg siap menerangi dunia anak2 di kampung Djo…
    hebat hebat…..

  2. hebat euy djo….dimasa itu ja dah jadi pemain handal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: