Outbound

Ternyata bos ni baek juga…Kita sekantor diajakin bos tuk outbound n makan-makan gratis…Hihihihiiii…

salah atu kegiatan outbound

Jam setengah enam pagi djo dah tiba di kantor tuk persiapan berangkat outbound…Temen-temen dah pada kumpul semua…Jadi djo datangnya paling buncit waktu tu…

Sambil nunggu datengnya mobil elf yang disewa..djo abisin nasi bungkus yang jadi jatah djo…

Dalam perjalanan..djo numpang di mobilnya bos…Sebenernya djo pengennya kumpul ama temen-temen..tapi waktu tu djo pikir mobil elfnya dah penuh..jadi djo terima tawaran bos tuk naik mobil bareng bos…Yach jadinya djo ga bisa bebas berekpresi di situ…Susah dech…

Karna waktu tu djo naeknya belakangan..djo ga sempet pilih-pilih mo naek mobil yang mana…Akhirnya yach naek mobilnya bos…

Ampe lokasi tujuan..abis brifing bentar..kita pun memulai acara outbound…Djo yang emang ga pernah outbound ama sekali..nurut ajah ngikutin si instruktur outbound…

Acara pertama adalah belajar beritung…Duch..koq kayak permainannya anak TK yach…Jadinya djo ga antusias ngikutin acara…Kalo cuma tuk maen ginian..ngapain pergi jauh-jauh yach..pikir djo dalam ati…

Setelah sukses tuk belajar beritung..acara berganti lempar-lempar bola…Duch..ginian koq pake bayar mahal-mahal toch…Huuhhhh…Djo tambah ogah-ogahan…Mana ujan mulai mengguyur dengan deras…Seorang pegawai lama yang lage hamil muda ampe muntah-muntah saat tu…

Waktu berganti acara yang ketiga..ujan bertambah deras…Kale ni permainan kekompakan tim…Sebuah tatakan bambu yang oleh orang jawa disebut dengan tempeh..diikat tali di enam bagian..yang masing-masing ujung talinya akan dipegang oleh enam orang yang matanya ditutup sehingga ga bisa ngeliat apa yang terjadi…

Yang ngasih komando dalam posisi berbaring di bawah tempeh tersebut…Nah..diatas tempeh tu diletakkan sebuah ember yang berisi air…Jadi kalo keenam orang yang megang tali tuch nariknya pada ga kompakan..otomatis tempeh tersebut akan miring..dan akan mengguyur orang yang berada di bawahnya…

Tujuan dari permainan ni..tuk menggapai telur yang diletakkan di atas…Begitu berhasil..ntar ember yang berisi air n telur tu..diturunkan secara kompakan lage hingga bawah…Hihihiiii..beberapa kale yang ngasih komando di bawah..terguyur air…

Tapi berhubung saat tu lage ujan deras..guyuran air tersebut ga berefek apa-apa…Lha wong kita semua khan dah basah kena air ujan…Di permainan ni..kelompok djo berhasil menang duluan…

Acara keempat..masing-masing kelompok menduduki sebuah balok kayu yang dibawahnya terisi air setinggi pinggang orang dewasa…Nah..yang bikin sulit tuch..balok kayunya dialasi bambu yang melengkung..jadinya kita yang duduk diatasnya..ga punya posisi yang enak tuk menjaga keseimbangan…

Kita yang ga diberitau aturan mainnya..disuruh atu-atu menaiki balok kayu panjang tersebut…Setelah semua anggota kelompok dah duduk dengan manis di balok kayu panjang tu..instrukturnya memberitau kalo masing-masing kelompok harus mengurutkan diri..mulai dari yang namanya berawalan A ampe Z…

Alhasil..sewaktu beberapa anggota bermanuver tuk pindah posisi..balok kayu ikutan bergoyang-goyang menambah kesulitan kita tuk menjaga keseimbangan…Ada juga yang menjerit-jerit histeris…Duch..kacau banget dech situasinya…Atu-dua orang malah ada yang nyemplung ke air karna ga bisa njaga keseimbangan…

Waktu tu..posisi djo ada di tengah-tengah balok..di depan djo adalah julia n devi…Tangan djo jadi pegangan mereka berdua…Orang di belakang djo yang ga djo ketahui sapa..megangin kedua pundak djo…Alhasil..djo jadi ga bisa gerak tuk ngejaga keseimbangan dari depan dan belakang…Mana yang belakang gerak-gerak mulu..nambahin beban djo…

Nah..gara-gara ada anggota kelompok yang histeris..kelompok djo jadi ga banyak melakukan gerak manuver…Semuanya diam terpaku manunggu waktunya abis…

Selesai acara ni..acara berlanjut dengan permainan mengeluarkan sebuah bola yang diletakkan di dalam balok bambu (ato pipa paralon yach..lupa nich) setinggi 1,5 meter yang di beberapa bagiannya dah dibolongi kecil-kecil…Juga bagian bawahnya terbuka ga beralas..hanya beralaskan tanah belaka…

Aturan mainnya..balok bambu tersebut hanya boleh diisi air dan ga boleh dipegang…Beberapa alat bantu berupa tong kecil..tali rafia..tiga buah lembaran plastik elastis (djo ga ngerti apa namanya)..n empat buah gayung terbuat dari jerigen 5 liter yang dipotong separuh..boleh digunakan…

Kelompok djo langsung bekerja cepat…Lubang-lubang yang ada kita tutup dengan lembaran plastik tersebut…Beberapa anggota kelompok memegangi dengan erat..yang laen mengisi gayung dengan air..satu orang yang memanfaatkan tong kecil tuk jadi pijakan sehingga dia jadi lebih tinggi..bertugas mengisi balok bambu…

Walo air diisi dengan cepat..tapi air tersebut juga merembes keluar..baek dari lubang kecil maupun dari bawah…

Waktu tu djo sempet mikir…Kecepatan air masuk harus lebih cepat dari air yang keluar…Walopun lubangnya ga ditutup sekalipun..kalo kita ngisinya bisa cepet..pastilah air akan naek keatas dan mendorong bola yang ada didalamnya tuk keluar…

Toh..karna lubangnya kecil..air yang keluar ga bakalan banyak…Jadi kita ga bakalan keilangan banyak waktu hanya tuk mikirin bagaimana cara menutup lubang yang ngebuat air pada merembes keluar…Khan aturannya cuma gimana agar bola tu bisa keluar…Bukan bagaimana menutup lubang yang ada…

Akhirnya..tiap kale erman yang bertugas ngisi air tu memasukkan air..djo juga ikutan masukin air ke dalam balok kayu…Dengan demikian volume airnya akan bisa meningkat dengan pesat dalam sesaat…Dan akhirnya emang berhasil…

Djo waktu tu ga kepikir tuk menggunakan tong kecil yang ada…Kalo tong kecil tu digunakan..volumenya yang besar akan mencukupi tuk ngeluarin bola yang ada di dalamnya dalam sekejab..walopun lubang sama sekali ga ditutup…Tapi khan berat…

Jadi opsi sekali isi dengan dua gayung adalah opsi terbaik saat tu yang ada di pikiran djo…

Setelah acara ni..kita dipersilahkan istirahat tuk ngebersihin diri n makan siang…

Abis tu kembali brifing tu persiapan acara puncak..yakni berjalan di tengah kobaran api…

Dengan pekik pengobar semangat..masing-masing orang melalui jalan sepanjang tiga meter yang tengah berkobar api…

Apes bagi djo…Saat giliran djo..djo nginjak bara api…Jelas ajah telapak kaki kiri djo jadi melepuh karnanya sekitar setengah senti…Duch..panasnya bukan maen…Udah djo rendam pake air..tapi panasnya ga ilang-ilang…

Tak lama kemudian..kita meninggalkan lokasi outbound menuju ke rumah makan tuk makan malam…Menunya lumayan enak..beraneka macam seafood…Sedang minumnya es teh porsi besar…

Kebetulan nih…Djo sikat cepet-cepet makanannya…Trus djo abisin es tehnya dalam sesaat…Dan es batunya djo gunakan tuk ngompres telapak kaki kiri djo yang melepuh…

Hufff..enaknya…Adem banget…Heheheeeee…Sambil ngompres kaki..djo sempet ngobrol ama pita dan nur…

Selesai acara makan..kita naik mobil lage tuk pulang…Ujan tetep mengiringi kepulangan kita…Bahkan ujannya dah mulai turun saat separuh perjalanan kita menuju rumah makan tadi…

Apesnya..ternyata jalannya macet…Seharusnya 45 menit dah nyampe kantor kembali..kale ni perjalanannya menjadi 2,5 jam…Pegel banget dech duduk di mobil selama tu…Mana ujannya ga berhenti-berhenti lage…

Nyampe di kantor jam setengah sembilan malam…Djo segera mengambil motor djo..mengenakan jas ujan…Dan tak lama kemudian meluncur pulang di tengah guyuran ujan lebat…

Sebenernya badan djo agak ga enak kena air ujan..agak menggigil dikit…Tapi djo tahan ajah dan nekat pulang…Parahnya..jalanan masih agak macet-macet dikit..ngebuat djo menjadi lebih lama dibawah guyuran air ujan…

Sekitar atu jam perjalanan akhirnya djo tiba di rumah…Duch capek banget dech…Tapi djo ga bisa cepet-cepet tidur karna ada beberapa hal yang harus djo lakukan malam tu…

Jam sebelas malam barulah djo bisa berbaring di tempat tidur..dengan tubuh agak menggigil dikit…Duch..jangan ampe sakit lage dech..pikir djo…

Semoga…

Oya..selama kegiatan outbound nich..djo ga sempet ngobrol ama juli…Rupanya makhluk ajaib ni lage jual mahal kayaknya…Hihihihiiiiii…

DJO

2 Responses to “Outbound”

  1. Djo,,,maapkn makhluk ajaib ‘Juli’ yg ngga ada niatan tuk jual mahal pas moment outbond itu, makhluk ajaibnya lagi ngurangi bicara & aktivitas saat itu,,,hemat energi tuk persiapan diklat yg dach bikin makhluk ajaib ‘Juli’ cenat cenut duluan, hiks hiks hiks…
    Tenang aj Djo, ntar kalo makhluk ajaib ‘Juli’ dach nyelesein diklat ta ajak ngobrol dg crita-crita yg kocak ampe 24 jam non stop…
    Skali lage maapkn ya Djo, peace…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: