Sohib – Praba Episode

Ni nih..kelanjutan cerita tentang sohib djo yang atunya…Praba…

sohib

Seperti yang udah pernah djo singgung tempoh hari..djo udah kenal ama praba sejak kelas 1 SMP…Walo kita sekolah di sekolah yang sama..namun djo dan praba bukanlah temen atu kelas…Tapi entar pas kelas 2 SMP..kita atu kelas…

Praba nich waktu tu termasuk anak pintar di sekolah djo…Praba ga pernah terlempar dari peringkat 50 besar sekolah…Sedang djo..tragis banget dech…

Waktu semester 1..peringkat djo tuch nomer 170 dari 322 siswa kelas 1 SMP…Semester 2 malah lebih parah lage..peringkat 211 dari 321 siswa…Untungnya..djo tetep naek kelas…Hihihihiiii…Waktu tu yang djo pikirin malah..napa jumlah siswanya koq berkurang atu yach…Perasaan ga ada yang pindah sekolah dech…

Djo ga ngerti napa prestasi djo koq nge-drop banget…Apa gara-gara sekolah djo nich termasuk sekolah favorit..jadinya djo kurang bersinar…Tapi kayaknya karna ayah djo saat tu ga bekerja sejak djo kelas 6 SD lalu…Bahkan saat mo daftar ulang di SMP..ampe hari terakhir daftar ulang..ortu djo masih ga punya duit…

Waktu tu djo tanya ama ibu djo..apa punya uang Rp149.000,-..dan dijawab ga punya…Ibu djo ga tanya napa djo koq tanya uang sebanyak tuch…Waktu tuch..uang segitu dah cukup besar…Nah..setelah dijawab ga punya..djo diem ajah dan pergi ke kamar…Terus-terang djo bingung..bisa sekolah ga yach…Huhuhuhuuuuu…

Waktu pun berlalu detik demi detik…

Sekitar atu jam sebelum pendaftaran ulang ditutup..datanglah saudara sepupu djo yang udah kelas 2 SMA…Dia nanyain ke ibu djo..apa djo udah daftar ulang…Khan hari ni hari terakhir…

Ibu djo langsung ajah terkejut..dan mendatangi djo yang ada di kamar sedang kebingungan…Djo ditanya..apa bener tadi nanyain uang buat daftar ulang…Yach djo jawab dengan jujur ajah..emang bener tadi tuch tanya buat daftar ulang…Dan tambahan keterangan yang djo utarakan kemudian..ngebikin ibu djo tiba-tiba menjadi sangat serius…Djo bilang kalo daftar ulangnya tinggal atu jam lage…

Tanpa banyak kata lage..ibu djo lalu keluar rumah…Ga lama kemudian kembali dan memberi djo sejumlah uang tuk daftar ulang..sambil negur djo..laen kale kalo masalah sekolah harus terus-terang..jangan diem ajah kayak gini…

Djo ga tau ibu djo dapat uang dari mana…Yang jelas pasti minjemlah..soalnya djo tau persis kalo ortu djo emang ga punya duit…Segalanya serba terbatas saat tu…

Untuk mempersingkat waktu..djo dianter saudara sepupu djo naek motornya dia…Waktu daftar ulang tinggal sepuluh menit saat djo tiba di sekolah…Dan djo pun selamat masih bisa sekolah di sekolah favorit djo…Huuufhh..nyaris ajah…

Walo masalah daftar ulang telah teratasi..namun djo ga bisa konsen penuh pada pelajaran…Entahlah..saat tu emang djo ikut prihatin ama keidupan keluarga djo…

Sewaktu kelas 2 SMP..djo sekelas ama praba…Djo juga kerap maen ke rumahnya praba..yang djo anggap enak banget…Ortunya praba emang lebih berkecukupan dibanding ortu djo…

Saat tu ayah djo dah mulai bekerja lage..walo jadi pegawai swasta rendahan…Tapi cukuplah tuk menutup kebutuhan keluarga…Lalu djo juga agak kehibur dengan aktifitas djo yang sering maen ke rumah temen-temen djo…Salah atunya yach ke rumahnya praba tu…

Entah karna ayah djo dah bekerja lage tu..ato djo kebawa ‘aroma’ kepinteran praba..prestasi djo di kelas 2 SMP mulai meningkat…Di semester 3 djo berperingkat 155..dan semester 4 naek ke peringkat 150…Tu dah djo anggap lompatan prestasi yang luar biasa..dari peringkat 211 ke peringkat 150-an…Apalage kalo ngeliat masalah yang mengganggu kegiatan belajar djo…

Kelas 3 SMP..djo beda kelas dengan praba…Dan djo pun agak menjauh dengan praba…Karna emang kegiatan kelasnya ga sama…

Di kelas 3 SMP ni..djo ngalamin lompatan prestasi yang lebih spektakuler lage…Semester 5 djo berperingkat 141..dan sewaktu kelulusan di semester 6..djo berperingkat 68..!!! Praba saat tu berperingkat 32…Jadi masih kalah jauh ama praba…

Tapi tetep ajah djo sukuri…Gimana ga..dari peringkat 211 di kelas 1..djo bisa ngejar ketertinggalan djo menjadi peringkat 68 sewaktu kelulusan..!!! Mantaps banget dach…Hueheheheheeeee..!!!

Karna nilai djo cukup bagus..djo diterima di sekolah favorit lage pas SMA…Dan sekale lage..djo atu sekolah ama praba…Namun di SMA ni..ampe lulus pun..djo ga pernah atu kelas ama praba…

Di SMA ni..djo jarang banget maen ama praba…Saat tu djo lebih akrab ama genk…Bahkan temen-temen atu sekolah dah pada tau semua..dimana ada djo pastilah ada genk…Begitu juga sebaliknya..ada genk pasti ada djo…Heheheheheeee…

Lulus SMA..praba diterima di PTN…Sedang djo dan genk terpaksa nerima nasib jadi pengangguran karna ga diterima di PTN…Selama atu taun jadi pengangguran..djo makin akrab ama genk…Bahkan ama keluarganya genk..djo dah dianggap kayak sodara ajah…

Dengan praba..walo ga sering..tapi sesekali masih sering telpon-telponan…Bahkan sewaktu djo diterima di PTN waktu ujian taun berikutnya..pagi-pagi praba nelpon djo tuk ngucapin selamat…Bahkan saat tu pun djo belum tau diterima apa ga di PTN..tapi praba dah tau duluan…

Saat tu djo terusik tidurnya gara-gara telpon rumah bunyi…Lalu djo angkat..dan ternyata praba…”Selamat yach..diterima di PTN..!” ucap praba saat tu…

“Masa sich..?” djo setengah ga percaya setengah seneng…Djo belum baca koran pagi yang ngumumin hasil ujian masuk PTN…Dan praba bacain nama beserta nomor ujiannya djo..dan emang bener tu nomor ujiannya djo…Langsung ajah djo ngerasa seneng bukan kepalang…

Tak lama kemudian..aktifitas perkuliahan sangat menyita waktu djo…

Suatu saat..praba yang waktu tu tinggal nyusun skripsi tuk kelulusannya..sedang patah semangat…Entahlah apa masalahnya..praba enggan menyelesaikan skripsinya…Sebagai temen yang baek..waktu tu djo belum ngerasa kalo praba adalah sohib..djo pun berusaha ngebantu kesulitan praba…

Akhirnya..walopun dengan maju-mundur beberapa kale..dan memakan waktu dua taun semenjak praba mogok kuliah..praba pun diwisuda…Waktu tu..djo malah dah lulus duluan…

Djo pun ngucapin selamat kepadanya…Praba ngebalas dengan ucapan..”Terima kasih yach..sohibku..!”

Djo agak tersentak..djo baru nyadarin…Selama ni praba dah nganggep djo sebagai sohibnya..padahal djo cuman nganggep praba sebagai temen baek djo semata…Saat tu djo berjanji di dalam ati..tuk jadiin praba sebagai sohib…

Kalo dirunut secara kronologis dan lamanya waktu djo berteman ama praba..emang dah selayaknya praba jadi sohibnya djo…

Atu hal yang jadi ganjalan djo ngganggep praba sebagai sohib adalah karna praba beda agama dengan djo…Bukan djo bermaksud SARA..tapi perbedaan agama ni ngebuat perbedaan cara pandang kita terhadap banyak hal…Dan tu kerap membuat kita sering terlibat dalam debat kusir yang ga ada juntrungannya…

Dua taun yang lalu..tiba-tiba praba ngutarain niat mo pindah agama..beralih ke agamanya djo…Waktu tu djo malah nasehatin praba tuk memikirkan masak-masak…Karna pindah agama adalah keputusan yang sangat besar..dan konsekuensinya bisa berpengaruh pada kebahagiaan kita setelah mati kelak…

Amper enam bulan lamanya praba ngajak diskusi djo tentang idup dan keidupan…Praba emang sedang mengukur dan membandingkan agama djo dan agama yang dianut praba…Pada waktu praba mo ngambil keputusan yang sangat penting..djo sekale lage nanya..apa bener dah mantap..dan djo tanya ada apa sebenernya yang terjadi…

Terus-terang djo khawatir..hubungan praba dan ortunya menjadi renggang gara-gara praba mo pindah agama…Tapi djo juga ga boleh ngehalangin niat praba tuk mencari kebahagiaan yang sedang dicarinya..yang mungkin akan ditemuinya pada agama djo…

Praba ngejawab dengan terus-terang..kalo mulai kecil dulu dah pengen pindah agama…Hanya karena khawatir sama ortunya..praba ga melakukannya sejak dulu…Dan keinginannya semakin kuat..terlebih karna cwe-nya praba emang seagama ama djo…

Sekale lage djo nasehatin praba tuk terakhir kalenya…Abis tuch djo ga mo ngehalangin keinginan praba tuk pindah agama…

Djo bilang..jangan ampe praba pindah agama gara-gara cwe tu..karna kalo emang niatnya hanya biar bisa nikah ama cwe tu..djo bilang lage..belum tentu cwe tu mo nikah ama praba…Rugi khan..dah terlanjur pindah agama..tapi cwe-nya tetep ga mo nikah…

Tapi kalo praba emang niat pindah agama tuk mencari kebahagiaan..semoga tuhan akan mengabulkannya..termasuk dalam hal menikah dengan cwe tu…

Dan seminggu kemudian djo nerima sms dari praba…”Aku udah ngucap shahadat di masjid..tadi selesai jum’atan..

Dan setaun kemudian praba pun menikah dengan cwe yang dipacarinya tu…

Semoga berbahagia yach..praba…

DJO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: