Sohib

Kayaknya..gak seorang pun di dunia ni yang ga punya sohib…Tau sohib, khan? Tu loh..temennya somad…Hueheheheheeeee…

sohib

Dahulu..sewaktu djo masih sekolah umum..djo punya dua orang sohib yang kerap menemani djo kemana ajah…Yang atu mulai kenal pas kelas 1 SMA..namanya genk…Atunya udah djo kenal mulai kelas 1 SMP..namanya praba…

Lucunya..kita ga pernah maen bareng bertiga…Karena emang mulai jadi sohibnya tu ga bebarengan sich…Lagean walopun praba dan genk sohibnya djo..tapi antara praba dan genk bukanlah sohib…

Waktu SMP dulu..walo djo dah kenal ama praba..tapi kita belum akrab bener…Jadinya kita belumlah jadi sohib…Barulah sewaktu kuliah..djo ama praba menjadi sohib…Ampe sekarang pun djo dan praba masih sering kontak (bicara) lewat hape..karena kita terpisah jarak 120km jauhnya…Heheheheheeeee…

Kalo ama genk..terpisahnya cuman sejauh 100km…Heheheheheeee..ga beda jauh yach…!?

Kalo dirunut kronologis per-sohib-an..ama genk lebih dulu ketimbang praba…

Ama genk..djo amper dikata kompak luar-dalam…Kita berdua selalu melalui suka dan duka bersama-sama…Dan kita berdua bertambah kompak sewaktu ngehabisin atu taun selepas SMA bersama-sama jadi pengangguran…Heheheheeeee…Maksudnya tuch..kita berdua sama-sama senasib ga diterima di PTN..dan nganggur ga kuliah tuk sementara…

Koq sementara..?? Ya iyalah..khan taun depannya kita pada kuliah di PTN..walopun berbeda PTN-nya…Pokoknya yang penting kuliah di PTN…Hueheheheheeee…

Duch..sedih banget dech kalo mengenang masa-masa suram kita berdua tuch…

Gimana ga…Jadi pengangguran..ya luntang-lantung ga karuan..ga ada kerjaan…Kalo ga jalan-jalan..bongkar-bongkar mesin motor..nonton film di bioskop..yach maen game gantian…Waktu tu game yang kita maenin yaitu Doom dan LHX…

Oya semasa SMA dulu..djo dan genk paling hobi makan pangsit mie…Dan yang mengesankan djo tu..kita pada ga perhitungan…Sapa pun yang pegang duit..tanpa diminta..langsung bayarin makanan…Malah pernah kita pada berebut mo bayar..ampe tukang pangsit mie-nya ketawa-tawa ndiri ngeliat kelakuan remaja kayak kita…Heheheheeee..waktu tu belum ada istilah abg sich…

Begitulah…

Pernah pula kita bertengkar ama penjual buku bekas yang orang madura…Udah tau djo ga minat ama bukunya..masih ajah maksa djo tuk beli…

Eh..pas djo tawar..malah marah-marah ama djo…Genk yang lage nyantai nungguin djo..langsung ikutan dalam konflik tersebut…Rame dech situasinya saat tu..mana temen-temennya si pedagang pada ikutan nimbrung pula…Hihihihiiii..jadi geli ndiri kalo inget kejadian tersebut…

Ada kejadian yang kita lalui bersama…Ni situasi yang bener-bener menegangkan..saat banyak kerusuhan pasca reformasi lalu…

Waktu tu di kota djo santer terdengar ada isu tentang pembunuh bayaran yang bergentayangan pada malam hari mencari mangsa…Dan emang ada beberapa korban tewas yang ga ketauan sapa pembunuhnya…Karna kejadiannya yach pas malam hari…Konyolnya..kita berdua malah keluar malam ampe larut…

Penduduk di kota djo yang dilanda ketakutan..diatas jam delapan malam dah pada ga berani keluar rumah..pada takut jadi korban keganasan pembunuh bayaran tersebut…Jadinya..diatas jam delapan malam tu..jalanan di kota djo sepi melompong..kayak kota mati…

Jangankan kendaraan lewat..orang lewat pun ga ada…Bahkan orang mati pun ga berani keluyuran…Hihihihihihiiii…

Di kampung-kampung juga pada meningkatkan kewaspadaan…Sapa pun yang lewat kampung..pasti akan dirazia…Pokoknya serem banget dech…

Konyol banget..kita berdua waktu tu malah nonton film di bioskop…Waktu berangkat sich..suasana masih rame..jam tujuhan malam gitu loh…Selesai pertunjukan film..waktu dah menunjukkan jam sepuluh malam lebih…

Sewaktu ngambil motor di parkiran..tukang parkirnya ga ada sama sekali…Jadi motor djo ga ada yang jagain…Untung ajah ga ilang…Sial bener…!!!

Nah..tadi sewaktu nonton film di dalam bioskop..penontonnya cuman kita berdua…Sekarang di tempat parkir..yach cuman tinggal berdua ajah…Mana jalanan juga sepi banget…Serem banget dech pokoknya…Baru setelah tu..kita berdua tersadar..bahwa situasinya bener-bener mengkhawatirkan…

Dengan agak was-was juga..djo boncengin genk tuk nganterin genk ke rumahnya…Sepanjang perjalanan kita berdua meningkatkan kewaspadaan…Khawatir kalo tiba-tiba kita diserang oleh orang ga dikenal…

Dalam perjalanan pulang..sewaktu melewati jalan lurus yang panjang..ga terlihat atu pun kendaraan yang lewat…Tuk ngurangin rasa was-was..djo pacu motor djo lebih kenceng lage…

Tiba-tiba dalam keheningan yang mencekam..dari jauh terdengar suara motor yang dipacu kenceng..dari arah belakang…

Djo pun menambah laju motor..sambil ngingetin genk tuk siap menghadapi situasi se-kritis apa pun…

Motor di belakang djo semakin mendekat..mulai terlihat dari kaca spion motor djo…

Djo bilang ke genk..kalo motor tu emang pembunuh bayaran..kita kudu duel ama dia…

Djo perhatiin lebih seksama lage si pengendara motor dari kaca spion…Djo pun mulai memperlambat laju motor djo dan bergerak ke lajur kiri..memberi kesempatan pada motor di belakang djo..yang sedang melaju kenceng..tuk menyalip…

Peritungan djo..kalo dia emang pembunuh bayaran..pastilah akan ikut mengurangi kecepatan pula..dan ngehampiri kita berdua…Kalo situasinya emang demikian..djo harus bisa susun siasat saat tu juga agar bisa lolos dari maut…

Kampungnya genk masih lima menit perjalanan lage..Dan djo semakin melambatkan laju motor djo…Rupanya..si pengendara motor yang ada di belakang juga mengkhawatirkan hal yang sama…

Mungkin dia mengira motor yang ada di depannya sedang merencanakan sesuatu terhadapnya…Dan dia pun semakin mempercepat laju motornya semakin kenceng melewati djo…Mungkin dia juga mengira djo dan genk adalah pembunuh bayaran yang akan menghabisi dirinya..sehingga dia memilih sesegera mungkin tuk kabur…

Begitu dia lewat..djo dan genk langsung menarik napas lega…Huffffhhh..!!!

Akhirnya djo dan genk sampe juga di rumah genk…Sebenernya genk nawarin djo tuk nginep..tapi djo tolak…Dan djo pun pulang ke rumah dengan perasaan was-was yang melebihi tadi…Khan kale ni djo ndirian ajah…Kalo ada apa-apa khan ga ada temennya…Sempet nyesel juga sich..napa tadi nolak tawaran nginepnya genk…Huhuhuhuuuuu..ngeri banget dech…

Alhamdulillah..walo dirazia peronda kampung dekat rumah djo..djo bisa pulang dengan selamat ampe rumah djo…Huffh..bener-bener pengalaman yang tak terlupakan…

Duch..kalo inget saat tu..djo jadi inget film horor dech…filmnya “Resident Evil”…

Genk lulus kuliah lebih dulu dibanding djo…Dan genk pun langsung diterima kerja di perusahaan yang berada di kota yang dekat dengan ibukota negara kita…Djo dan genk pun terpisah tuk beberapa waktu lamanya..hingga genk kena PHK masal..saat krismon yang melanda negeri kita ga kunjung reda jua…

Nah..saat genk kerja jauh dari kota djo ni..djo menjadi semakin akrab dengan praba…

Oya..sori…

To be continue yach…

Hueheheheheeeee…

DJO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: